Cara Menjaga Nutrisi agar Tetap Terpenuhi saat Berpuasa!

Cara Menjaga Nutrisi agar Tetap Terpenuhi saat Berpuasa!

Walaupun puasa, tapi kamu harus bisa terus memenuhi kebutuhan nutrisi agar badan tetap sehat!

Sebentar lagi akan ada hari raya Idul Adha yang mana pada hari tersebut, para umat Muslim akan melaksanakan beberapa ibadah seperti penyembelihan hewan kurban seperti domba, sapi, atau kambing. Namun sebelum hari raya Idul Adha biasanya banyak yang akan melaksanakan salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan yaitu puasa arafah. Selama menjalankan puasa, penting bagi kita untuk tetap menjaga nutrisi agar tubuh tetap sehat dan terpenuhi kebutuhannya. Berikut cara menjaga nutrisi agar tetap terpenuhi saat berpuasa.

1. Atur komposisi makanan yang seimbang

Komposisi makan yang kamu gunakan akan sangat berperan bagi terjaganya nutrisi ketika sedang menjalankan puasa. Pastikan makanan Kamu selama puasa mencakup makanan dari semua kelompok makanan utama, seperti karbohidrat, protein, vitamin, sayuran, serat, lemak sehat. Ini akan membantu memberi tubuh Kamu nutrisi yang dibutuhkan untuk tetap sehat dan berenergi.

2. Makan makanan yang banyak mengandung nutrisi

Nutrisi yang baik akan membantu kamu dalam menjalankan puasa, sehingga tidak mudah lemas. Pilih makanan yang bernutrisi, seperti serat, vitamin, dan mineral. Beberapa contoh makanan yang baik adalah biji-bijian, buah-buahan dan sayuran, sumber protein tanpa lemak, dan lemak sehat seperti yang terdapat pada kacang-kacangan.

3. Tetap terhidrasi

Menjaga diri agar tetap terhidrasi akan membuat kamu lebih berenergi. Air merupakan komponen sangat penting bagi tubuh manusia dan memiliki peran yang vital dalam menjaga fungsi organ, menjaga suhu tubuh, serta mengangkut nutrisi ke sel-sel tubuh. Ketika tubuh terhidrasi dengan baik, kamu akan merasa lebih fokus dan memiliki tingkat energi yang optimal.Minumlah banyak air dan cairan lain selama jam-jam ketika kamu belum mulai berpuasa untuk mencegah dehidrasi. Tetapi ada beberapa jenis minuman yang tidak baik untuk dikonsumsi selama puasa, hindari minuman manis dan kafein, karena dapat membuat Kamu dehidrasi.

4. Makan sahur yang cukup

Pada saat sahur kamu juga harus konsumsi makanan-makanan yang memberikan tenaga lebih. Makanan yang dikonsumsi diusahakan mengandung karbohidrat yang lambat dicerna seperti biji-bijian, makanan kaya protein, dan lemak sehat untuk membantu Kamu mempertahankan energi sepanjang hari.

5. Rencanakan makanan yang akan kamu makan

Perencanaan makanan juga menjadi sangat penting saat Kamu hendak berpuasa. Dengan merencanakan makanan, kamu dapat mengatur pilihan makanan yang seimbang, menghindari makanan cepat saji atau tidak sehat, serta memastikan asupan nutrisi yang tepat. Mulailah dengan membuat daftar belanjaan berdasarkan menu makanan yang ingin kamu siapkan sebelumnya untuk memastikan bahwa Kamu memiliki pilihan sehat yang tersedia selama jam-jam non-puasa.

Harus diingat bahwa kamu juga perlu istirahat yang cukup dan alihkan fokus dari rasa lelah dan lapar serta banyak minum air mineral, serta sibukkan diri kamu dengan hal bermanfaat saat sedang menjalankan ibadah puasa, seperti menonton dan mendengarkan kajian ramadhan, pengajian dan lainnya. Dukung aktivitas bermanfaat kamu di bulan suci ini dengan paket internet termurah dari First Media. Kamu juga bisa bebas akses ke OTT platform seperti HBO GO dan Viu untuk menemani waktu ngabuburit kamu. Yuk cek paket wifi rumah terbaik First Media sekarang juga!

Share :

You might also like :

First Media telah Hadir dan Menjangkau Area Baru!
coba dibaca
. . .