Apa Itu Chat GPT? Kelebihan, Kekurangan dan Cara Menggunakan

Apa Itu Chat GPT? Kelebihan, Kekurangan dan Cara Menggunakan

Mengenal Chat GPT, salah satu teknologi AI yang sedang ramai dibicarakan.

Beberapa waktu belakangan ini, AI atau Artificial Intelligence sedang banyak diperbincangkan. Salah satunya yaitu Chat GPT. Apa itu Chat GPT? Apa saja fungsi Chat GPT? Adakah kekurangan dan kelebihan Chat GPT? Bagaimana cara menggunakan Chat GPT? Artikel ini akan membahas lengkap tentang Chat GPT.

Apa Itu Chat GPT?

Chat GPT adalah sebuah chatbot yang berbasis kecerdasan buatan. Chat Generative Pre-Trained Transform (GPT) sendiri dikembangkan oleh perusahaan OpenAI yang berasal dari Amerika Serikat. 

Dikutip dari website resminya openai.com, Chat GPT didesain untuk dapat berinteraksi selayaknya percakapan yang memungkinkan Chat GPT untuk dapat menjawab pertanyaan yang berhubungan, mengakui kesalahan, menantang premis yang keliru dan menolak permintaan yang kurang pantas. 

Chat GPT baru diluncurkan pada November 2022, dan banyak digunakan untuk berbagai aplikasi seperti chatbot, penulisan otomatis maupun mesin penerjemah. Chat GPT juga mampu melakukan hal-hal lain seperti menjelaskan sebuah benda atau suatu hal, menulis esai, membuat puisi, membuat musik dan masih banyak lagi.

Apa Saja Kelebihan Chat GPT?

Chat GPT unggul dalam kecepat menjawab pertanyaan yang dilontarkan. Kecerdasan buatan yang dibuat ini sangat responsif dan memiliki response time yang singkat. Chat GPT juga mampu membaca pertanyaan atau perintah dalam Bahasa Indonesia.

Selain itu, gaya bahasa Chat GPT juga sangat mudah dipahami. Berbeda dengan chatbot-chatbot yang lain yang terlihat kaku, pemilihan kata dan diksi yang digunakan Chat GPT sangat mudah dipahami manusia.

Bukan hanya itu, Chat GPT juga sangat bisa menyesuaikan dengan kueri yang di-input oleh manusia. Hal ini membuat tingkat kecerdasan buatan Chat GPT semakin lebih optimal dan tidak terlihat kaku.

Apa Saja Kekurangan Chat GPT?

Walau terlihat hampir sempurna, Chat GPT ini memiliki beberapa kekurangan. Layaknya sebuah teknologi, Chat GPT juga harus terus di-update ataupun diperbaharui, baik secara database maupun secara teknologi. Hal ini harus terus menerus dilakukan secara berkala agar Chat GPT terus dapat bekerja secara optimal.

Selain itu juga, Chat GPT ini bekerja berdasarkan input yang dilakukan manusia, sehingga tidak ada dasar kebenaran dari hasil yang dikeluarkan oleh Chat GPT.

Cara Menggunakan Chat GPT

Siapa saja bisa menggunakan Chat GPT. Caranya mudah:

  • Akses situs chat.openai.com
  • Login menggunakan akun kamu, atau jika belum memiliki akun, kamu bisa sign up terlebih dahulu.
  • Jika sudah, maka akan muncul home dashboard Chat GPT. Di sana, kamu bisa memasukan pertanyaan kamu dan Chat GPT akan mengeluarkan respons sesuai dengan pertanyaan kamu.

Dengan berkembangnya teknologi, banyak hal yang bisa First People lakukan dan explore. Pastikan First People tetap up-to-date dengan perkembangan teknologi terbaru. Berlangganan First Media kini juga semakin canggih. Kamu tinggal klik daftar, masukan nama dan alamat, dan tim First Media akan segera berkunjung ke rumahmu dan memasang jaringan internet dan TV Kabel spesial untukmu! Kini daftar First Media semakin mudah dan cuma butuh waktu 5 menit saja. Langganan First Media sekarang!

Share :

You might also like :

5 Fakta Menarik Serial “Beef” yang Trending di Netflix!
coba dibaca
. . .