5 Superioritas Dalam Sepak Bola!

5 Superioritas Dalam Sepak Bola!

Ada berbagai cara untuk mendominasi dalam sepak bola, teknik dan taktik ini yang biasa digunakan di pertandingan tingkat profesional

Sepak bola adalah satu olahraga yang paling diminati dan memiliki penggemar terbanyak di dunia. Dari zaman dahulu hingga sekarang sudah banyak perkembangan yang terjadi terhadap olahraga yang satu ini baik dari segi budaya, skill pemain, hingga taktik. Ada 5 cara dasar yang kerap kali digunakan oleh para pelatih dalam upaya untuk menguasai permainan, hal tersebut biasa direalisasikan dalam instruksi dari pelatih ke pemain. Berikut ulasan singkat mengenai beberapa superioritas dalam sepak bola.

1. Kualitatif

Faktor pertama yang paling menentukan pastinya dari sisi individu pemain itu sendiri. Kemampuan 1v1 pemain akan sangat berpengaruh dalam mendominasi permainan mulai dari segi teknis sampai fisik. Jika tim kamu sedang dalam posisi menyerang maka kemampuan dari pemain di posisi-posisi tertentu seperti sayap kanan entah itu dari teknik yang dia miliki atau kekuatan fisik yang dia miliki untuk mengalahkan pemain bertahan kiri lawan akan sangat vital untuk mendominasi permainan. Sebagai pelatih, kamu bisa menyuruh pemain untuk lebih proaktif dalam mencari situasi dimana pemiain tersebut merasa unggul dibandingkan pemain lawan.

2. Numerikal

Faktor selanjutnya adalah dari segi jumlah. Hal ini merupakan salah satu konsep yang paling mudah dimengerti karena di situasi apapun pasti kubu dengan jumlah yang lebih banyak akan lebih mudah mendominasi kubu yang jumlahnya lebih sedikit. Untuk sepak bola sendiri, jika sebuah tim memiliki jumlah yang lebih banyak dibagian lapangan tertentu maka akan memudahkan tim tersebut dalam melakukan kombinasi, baik itu one two pass, through ball, dan juga dalam memenangkan bola ketika sedang terkena serangan balik. Kamu dapat menciptakan keadaan tersebut dengan menempatkan satu orang sebagai pengamat lapangan, setelah itu hindari bagian lapangan yang memiliki pemain lawan yang lebih banyak atau bahkan setara dengan tim kamu. Hindari situasi seperti 2v2, 3v3 dan ciptakan kondisi 3v2, atau 4v3 agar tim kamu memiliki keunggulan yang signifikan.

3. Pemosisian

Superioritas dalam segi pemosisian ini merupakan sebuah upaya dimana seorang pemain memposisikan diri di bagian lapangan yang memberikan keuntungan bagi tim. Dalam hal ini, ada dua hal yang sangat krusial yakni ruang fisik dan bagaimana seorang pemain memanfaatkan ruang tersebut. Aspek pertama yaitu ruang fisik yang merupakan ruang dibelakang garis pertahanan lawan yang memungkinkan untuk masuknya through ball ke area tersebut dan secara tidak langsung “mengeluarkan” pemain bertahan, dalam artian menempatkan pemain bertahan di posisi yang tidak menguntungkan. Yang kedua adalah bagaimana cara memanfaatkan ruang tersebut, hal ini dapat dilakukan dengan memikirkan langkah yang tepat dalam posisi tertentu. Jika seorang pemain sudah mendapatkan posisi yang menguntungkan bagi mereka maka tidak boleh ragu untuk menyerang, tetapi jika tidak maka carilah pemain lain yang memiliki kondisi yang lebih baik. Kamu harus memikirkan bagaimana posisimu saat menerima bola entah itu menghadap depan, belakang, atau samping. Hal ini akan sangat berpengaruh untuk langkah selanjutnya yang akan kamu ambil

4. Dinamika

Jika berbicara tentang keunggulan dinamika dalam sepak bola, yang dimaksud hampir sama dengan keunggulan posisi dan kualitatif sebelumnya. Tapi, dalam keunggulan dinamika, akan lebih banyak berbicara masalah pergerakan dalam ruang tersebut daripada penempatan posisinya. Waktu dan kecepatan memegang peranan yang sangat penting dimana seorang pemain diharapkan dapat mencapai suatu ruang yang potensial untuk menggunakan ketiga keunggulan yang sebelumnya telah dijelaskan. Semakin cepat mencapai ruang potensial maka semakin bagus, karena selisih waktu sampai dengan pemain lawan akan sangat mempengaruhi hasil akhir dari pergerakan tersebut. Tidak ada persyaratan mengenai bagaimana kamu harus menerima bola, hanya saja kamu harus memikirkan beberapa pola pergerakan yang dapat mengecoh lawan atau yang bisa menarik pemain bertahan lawan agar out of position. 

5. Kooperatif

Dari keunggulan-keunggulan yang sudah dijelaskan sebelumnya, hal-hal tersebut sangat berkaitan dengan kemampuan dan kepintaran individu pemain yang diasah dengan latihan rutin serta dapat dievaluasi secara jelas dan objektif. Namun untuk keunggulan kooperatif hanya bisa diperoleh dengan hubungan sosial yang dibangun antar tim, bukan hanya saat latihan, dalam lapangan, atau luar lapangan saja. Keunggulan kooperatif merupakan suatu keselarasan dari satu pemain dengan pemain lainnya yang didasarkan pada kedekatan emosional antar pemain tersebut. Semakin baik hubungan antar pemain maka tim akan lebih mudah dalam memahami antara satu sama lain mulai dari kebiasaan, cara berfikir, dan lainnya. Hal tersebut akan memudahkan sinkronisasi terhadap strategi baru atau penyesuaian dadakan yang dilakukan di dalam pertandingan untuk mendominasi tim lawan.

Gimana? Jadi kapan sudah tahukan cara untuk mendominasi lawan kamu dalam permainan sepak bola? Visualisasi teknik-teknik ini juga bisa kamu lihat di youtube loh, banyak sekali cuplikan tentang cara tim besar di sepak bola dalam mendominasi permainan yang pastinya akan bantu kamu untuk mengerti dan mempraktekkannya dengan baik. Supaya lancar belajarnya kamu harus didukung dengan internet yang selalu lancar juga nih. kamu bisa pasang paket internet termurah dari First Media, agar kamu bisa lancar live streaming tanpa gangguan dengan internet rumah unlimited! Kamu juga bisa mendapatkan promo khusus kotamu seperti pasang wifi murah Jakarta dan masih banyak promo kota lainnya!

Share :

You might also like :

5 Kegiatan Bermanfaat yang Bisa Dilakukan di Bulan Ramadhan!
coba dibaca
. . .